Senyuman Yodi Sepulang Les

by Sri Mulyani Nasution on Tuesday, July 21, 2009 at 11:02pm ·

Hhhh, lega rasanya lihat Yodi pulang les sambil senyum-senyum. Tadinya sempat marah juga liat dia mogok les dan gak mau berangkat. Kucoba sabar dan nawarin dia minum susu. Dia nolak. Kutawarin nutrisari dan dia ngangguk. Alhamdulillah…. Ini pertanda baik.

Aku memang berusaha maklum kenapa dia gak mau les. Pulang sekolah hari ini lebih telat dari biasa. Gak jelas ada kegiatan apa di sekolahnya makanya dia agak terlambat pulang. Begitu sampe rumah, aku langsung nyuruh Yodi ganti baju karena Brenda udah nunggu mau berangkat les sama-sama. Kontan aja dia ngamuk. Kayaknya masih capek sepulang sekolah.

Pelan-pelan dia minum nutrisarinya. Ups! ada upaya mengulur waktu kelihatannya. Yodi gak minum nutrisarinya sekaligus, tapi dia minum dengan sendok sedikit demi sedikit. “Kapan selesainya? Kita udah terlambat!”. Gantian Brenda yang ngamuk. Aduh, pusingnya jadi ibu…. Aku cepat-cepat bertindak, “Hayo, cepet diminum. Udah terlambat”. Yodi pun cepat-cepat minum dan berjalan cepat ke mobil sambil marah-marah.

Selang setengah jam, ada telepon dari Brenda, “Ma, Yodi gak mau turun. Dia nangis gak mau les….”. Kucoba bicara sama sopir agar membujuknya. Tapi Yodi gak bergeming….

Brenda aku minta masuk duluan dan aku ambil alih membujuk Yodi lewat telpon, tangisnya makin menjadi. Terpaksa nelpon papinya yang lagi di luar kota untuk ikut membujuk. Hasilnya tetap sama. Yodi tetap ogah les.

Akhirnya aku ambil jurus terakhir yang paling gak aku sukai dan paling Yodi takuti. Dengan Ancaman!. “Pokoknya Yodi harus les! Kalo Yodi gak mau les nanti PS-nya mami buang!” Seperti biasa jurus kali ini berhasil…. Yodi kemudian turun dari mobil dan dengan terpaksa beranjak ke tempat lesnya…

Aku memaksa Yodi harus les karena ini pertemuan pertama. Capek bukan alasan bagi Yodi untuk gak pergi les karena Yodi sebetulnya sudah terbiasa pulang sore di sekolah lamanya (full day). Toh selama ini gak pernah ada masalah… Kondisi ini cuma karena efek keenakan liburan dan jadinya pengen libur terus….

Sepulang les, Yodi langsung nyari aku dan senyum-senyum mandangin wajahku, sambil malu-malu. Kuelus rambutnya sambil bertanya, ” Gimana lesnya?”. Dia cuma jawab, “Gak tau…” Sambil tetap senyum-senyum. Yodi memang selalu begitu. Gengsinya tinggi. Kalau suka sesuatu dia pasti gak mau ngaku dan ngelesnya, “Gak tau…”

Satu hal yang pasti. Aku yakin dia menikmati lesnya sore ini. Untung aku gak ngalah sama aksi mogoknya. Alhamdulillah Ya Allah….
Tanpa Yodi sadari Brenda mengambil foto wajah cerianya sepulang les.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s